Minggu, 15 Mei 2011

Kunci Rahasia


“Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, diantara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.” (Q.S Ali Imran: 110)

Dunia adalah medan kompetisi yang luas. Mulai dari diri kita sendiripun, dihati kita sudah sering terjadi kompetisi antara keinginan buruk dan keinginan baik. Bahkan ketika memasuki rahim ibu,terjadi kompetisi antara sel sperma setelah melewati ribuan sel yang bertarung dan hanya satu sel yang  lolos menjadi sebuah janin.
Dalam rahim ibu, kitalah sebenarnya yang memenangkan kompetisi tsb sehingga sekarang kita bisa menjadi manusia yang berakal.

Rasulullah SAW dalam haditsnya mengatakan, Ada tiga hal yang dalam hidup ini yang sebaiknya dikuasai : berenang, berkuda dan memanah.

Bukan jenis kegiatannya yang ditujukan, Akan tetapi hasil akhir dari kegiatan tersebut ( berenang, berkuda dan memanah) yang sebenarnya hendak dicapai.

Mari kita jabarkan satu persatu

Ternyata berenang menggambarkan kekuatan, semua otot bergerak. Artinya semua potensi dikerahkan. kaki,tangan, otot, otak, fikiran bergerak secara bersama dengan full kekuatan menuju satu titik pencapaian.

Berkuda menggambarkan  menggambarkan suatu keharmonisan.
Kesatuan antara manusia dan sistem.
Bagaimana sistem bekerja antara kuda dan penunggangnya seakan satu kesatuan ?
Ternyata naik kuda harus seirama,sejiwa, dengan hewan tunggangan kita itu. Kalau tidak, kita akan terpental.
Benar kita yang mengendalikan, tapi sistem juga menuntut penunggangnya harus sejalan.

Memanah menggambarkan ketepatan atau akurasi.
Apa artinya kuat dan apa artinya cepat, kalau ternyata tidak akurat sampai pada tujuan?
Semua harus dijalankan secara tepat dan akurat.
Tujuan akhir atau gol adalah penting dalam setiap misi. Dan tujuan akhir ini harus mengantarkan kita pada suatu cita-cita yang besar yang sesungguhnya.

Begitulah seharusnya seorang muslim dan tujuan hidupnya.
Dia menyiapkan diri secara untuk masuk ke sebuah sistem kehidupan lalu fokus pada tujuannya (istiqamah). Untuk mencapai itu semua itu tidak ada cara lain selain disiplin dan kerja keras, harmonisasi antara dunia dan akhirat, serta fokus dan tepat akurat pada tujuan.

Jadi kalau kita berdoa agar Allah SWT untuk membimbing kita ke jalan yang lurus atau ingin mengubah hidup ke arah yang lebih baik, atau ingin mendapatkan rezeki yang banyak maka kita harus mencontoh intisari orang yang berenang,berkuda dan memanah.
Karena bagaimana mungkin Allah menuntun kita berjalan sementara kita hanya duduk diam dan berangan-angan.

Maka jika kita mau menjabarkan semua hal yang sdh di atas, kesimpulannya adalah :
"Kunci rahasia orang yang sukses dalam kehidupan adalah mereka yang mau mengerahkan kekuatan potensi yang diberikan Allah ( intisari dari berenang) , melakukan harmonisasi hubungan diri dengan sistem dunia dan akhirat ( intisari dari bagaimana harmonisnya antara joki yag sedang berkuda) serta melakukan ketepatan/fokus dalam menuju tujuan (intisari dari memanah)."

Sudahkah kita menjalani hidup ini dengan memakai intisari berenang,berkuda dan memanah seperti yang dianjurkan Rasulullah untuk mendapatkan kesuksesan hidup kita ?

Wallahualam, Semoga bermanfaat buat saya pribadi dan buat kita semua...

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Aamiin..InsyaAllah

Posting Komentar